Yuliardi2607’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Nimzy Vibro Max (Aplikasi Elektro Akustik)

Nimzy Vibro Max

(Pengeras Suara Portable)

Pada zaman modern seperti sekarang ini teknologi yang dihasilkan harus dapat disesuaikan dengan cara pemenuhan kebutuhan manusia yang serba instant dan cepat. Sedikit banyak bidang keahlian akustik telah menyumbangkan beberapa hal dalam proses pemenuhan kebutuhan manusia dengan tujuan mempermudah kehidupan banyak  orang. Salah satu penemuan terbaru dalam bidang akustik adalah Nimzy Vibro Max. Nimzy Vibro Max adalah sebuah speaker portable yang dapat mengubah getaran permukaan yang dihasilkannya menjadi sebuah loudspeaker  Alat ini berbentuk kotak hitam kecil.

Nimzy3

Cara Kerja Alat

Jika alat ini diletakkan pada permukaan suatu bidang datar maka kita akan dapat mendengarkan suara yang dihasilkannya sama dengan suara yang dihasilkan oleh suatu speaker besar. Namun jika tidak diletakkan pada bidang datar maka suara yang dihasilkan relatif lebih kecil. Kualitas suara juga ditentukan  oleh jenis media bidang datar tempat alat ini diletakkan. Jika alat ini diletakkan pada meja kayu maka suara yang dihasilkan sangat optimal. Alat ini juga dilengkapi dengan sebuah remote control yang dapat mengatur besar kecilnya bass dan treble. Remote control ini berfungsi mengatur besar getaran permukaan yang dihasilkan sehingga dengan demikian besar kecilnya suara dapat diatur dengan cara ini. Jika diuji pada media datar lainnya maka kita dapat merasakan perubahan seperti mengganti environment presets pada graphics equalizers seperti konser,cave,dan auditorium.

Nimzy Vibro max merupakan alat yang memanfaatkan teknologi electro-acoustic yang mengubah permukaan menjadi sebuah pengeras suara dengan memanfaatkan getaran untuk menghasilkan suara.Teknologi sejenis pernah dikembangkan beberapa tahun lalu, dengan nama produk SoundBug buatan Feonic. Bedanya, SoundBug menggunakan dua buah baterai, sedangkan Nimzy Vibro Max menggunakan pasokan listrik untuk menghasilkan suara. Vibro Max lebih kokoh dibanding SoundBug. Terbuat dari kotak logam yang padat dan berwarna hitam seperti piano, Vibro Max menawarkan tenaga lebih besar mencapai 20 watt RMS. Dilengkapi dengan kendali jarak jauh, Vibro Max memiliki kemampuan sebuah speaker sesungguhnya yang tidak hanya sekadar mengeluarkan suara, tapi memiliki pengatur kerasnya suara serta kendali suara rendah bass dan suara tinggi treble. Penggunaan catu listrik memang mengurangi kinerja portabilitasnya, sesuatu yang terasa lebih baik pada produk SoundBug. Dengan menggunakan sambungan stereo, Vibro Max bisa dihubungkan dengan berbagai macam gadget seperti pemutar musik digital MP3 atau ke sebuah ponsel untuk melakukan konferensi jarak jauh. Pengunaan alat ini dapat menjadi alternative lain selain menggunakan earphone karena berdasarkan penelitian pemakaian earphone terlalu lama apa lagi untuk mendengarkan musik tidak begitu baik untuk pendengaran manusia.

Spesifikasi Alat

Nimzy Vibro Max berukuran sangat kecil dengan ukuran panjang dan lebar 60 mm, serta tinggi 50 mm ini. Ketika dihubungkan dengan iPod pada sebuah meja kaca besar di satu ujung dan kita meletakkan kuping di kaca meja di sisi berlawanan, Untuk menguji suara yang dihasilkan Nimzy Vibro Max maka kita dapat meletakkan telinga di kaca, suara yang dihasilkan Vibro Max seperti kita sedang mendengarkan sebuah pengeras suara ukuran besar yang dipakai di berbagai panggung pada pertunjukan musik. Suara kecil baru terdengar ketika Vibro Max diangkat dari permukaan kaca.

Dalam berbagai percobaan yang dilakukan terlihat tidak semua permukaan memiliki kemampuan mengantar suara yang baik. Pada jenis permukaan seperti lantai atau berlapis beton, suara yang dihasilkan sangat kecil.

Pada lapisan seperti kaca, kayu, atau kayu lapis yang digunakan pada meja-meja kantor, Vibro Max akan menghasilkan suara yang jelas dan keras, dan memiliki kualitas suara sempurna bila diletakkan di bagian tengah permukaan yang digunakan. Vibro Max adalah solusi pengeras suara yang bisa digunakan di mana saja, seperti di kantor, di dapur, di supermarket, perpustakaan, di mana saja yang memiliki permukaan.

Respon frekuensi        :100Hz–20,000Hz

Warna                            :Hitam

Power Supply             :20W (RMS)

Impedansi                   : 4 Ohms

Sensitivitas                  :91db/m/W

Berat                               : 550g

Nimzy Vibro Max  terbuat dari material magnetostrictive besar yang emrupakan perpaduan Terbium,Dysprosium dan besi murni. Alat ini dapat menghasilkan gaya Magnetostrictif dalam sebuah medan magnet. Ketika diletakkan di atas suatu b idang maka Nimzy Vibro max akan menghasilkan getaran.

untitled26

Nimzy Vibro Max sebenarnya memilki fungsi yang sama dengan speaker pada umumnya. Hanya saja Nimzy Vibro Max memanfaatkan getaran dari permukaan sedangkan speaker biasa getaran untuk menghasilkan suara tersebut dihasilkan dari suatu bahan piezoelectric yang ada di dalam speaker tersebut untuk dikonversi menjadi sinyal listrik.

Referensi:

1.http://www2.kompas.com/kompas-cetak/0704/30/tekno/3490788.htm

2.http://hardware.sayanginanda.com/search/elektro+akustik

3. http://goole.co.id/keyword: aplikasi terbaru ilmu akustik,Nimzy Vibro Max

May 10, 2009 Posted by | Uncategorized | Leave a comment

Kesibukan itu suatu keharusan atau suatu pilihan??

Setiap orang diberikan waktu yang sama dlam sehari semalam yaitu 24 jam,namun setiap orang memiliki voolume pekerjaan yang berbeda-beda tergantung kepentingan mereka.

okay,mari kita mulai bahas,

ketika seseorang diberikan suatu pekerjaan misalkan tugas dari kantor,maka artinya seseorang diberikan tanggung jawab untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut. Penyelesain tugas diberikan deadline pasti kapan harus selesai. dan ketika mereka atau dia terjebak dalam situasi sibuk biasanya hanya ada 2 kemungkinan yaitu deadline yang diberikan tidak sesuai dengan volume pekerjaan yang harus diselesaikan dan kemungkinan kedua voulme pekerjaan tidak terlalu banyak dan waktu deadline juga cukup panjang tapi penundaan terlalu banyak. Ketika seseorang menghadapi kemungkina pertama maka itu hal yang normal,namun ketika seoarng terjebak dalam kemungkina kedua maka itu suatu yang tidak normal. dan bisa jadi solusi bwt penyelesaian masalah kemungkinan diatas jadi berbeda. Sampai pada term ini saya menyimpulkan bahwa kesibukan dalah suatu keharusan(eits,,,tapi hanya untuk kemungkinan pertama yang telah saya utarakan)

okay masuk termn berikut,

“eh gw ada proyek baru nie,,,punya ide untuk proyek tersebut,lo mw gak ikut satu tim am gw bwt ngerjain tu proyek”.,,Maaf aja bwt orang yang tersinggung dengan penjelasan berikut: Saya menghadapi masalah seperti ini pada minggu ini,,ada seorang teman yang berjanji untuk mengrjakan suatu proyek lomba,namun setelah kita(satu tim)menentukan tema pasti maka semua sepakat untuk serius mengerjakan proyek tersebut,,Namun baru jela g berpa lama,,”dia” mengatakan bahwa dia sedang sibuk mengurus urusan lain yang jauh lebih penting karena deadline mendesak…Lebih penting??trus lomba itu apa??sampah??

Okay kalo dia hanya sibuk mengurus suatu event,,,tapi tolong jangan buat commitment dulu sebelum anda bisa commit untuk tim proyek anda!!!gak Fair donk,,temen yang lain mengrejkana proyek usulan anda,tapi anda malah mengyrys proyek lain,,,Fokus Bung!!Persetan dengan smeua kesibukan lo,,,semua orang di dunia ini sibuk,,bukan lo doank!!

yang lebih parah lagi ketika dia mengusulkan ide untuk suatu lomba,,dia malah sibuk mengerjakan tugas2 yang harusnya telah diselesaikan sejak lama,,tapi dia malah ingin keliatan sibuk dengan semua pekerjaan itu<<Bull Shit!!>>>,,,

Nah sampai pada term ini kesibukan adalah suatu pilihan(dalam artian pilihan yang itdak tepat),,dan temen2 jgn mw bekerjasama denga orang seperti ini,,bisa2 proyek2 anda dan teman2 sekalian jadi “proyek sampah yang menggantung,,saya juga br tw ada manusia kyk gni..dan tnyata g sedikit org2 yg kyk gni,,hati2,,,

Sedangkan menurut versi saya kesibukan dalah suatu keharusan yang menjadi suatu pilihan bukan suatu pilihan yang menjadi suatu keharusan,,(berhubungan dengan term pertama),,

Terserah anda bingung atau marah,,tapi tolong berikan kritik sepedas mungkin terhadap tulisan ini “anytime you want” oy,,jgn sok sibuk jadi orang,,,!!!ingat itu,,

Thanks,,,Zora

December 23, 2008 Posted by | Uncategorized | Leave a comment

Terimalah kekurangan orang!!

Tmn2 tw gak inti dari persahabtan adalh memahami karakter setiap orang yang kita jadiin sahabat,,,suatu saat kita bakal memerlukan dia walaupun untuk saat ini tidak,,,jadi jgn pernah sepelkan yang namanya sahabat!!

Setiap orang pny karakter berbeda yang harus disikapi dengan bijak,karena kita tidak bisa membuat orang lain menjadi seperti apa yang kita inginkan,,,

Saya pnya beberapa sahabat di kapus yang memiliki byk hal yg bisa dipelajari karakternya sebagai kompliment untuk diri saya dan sampai saat ini masih saya coba pelajari:

Aji : ni anak sabar bgt,walapun “dianiaya” gimanapun tapi ni anak pny kelebihan tersendiri,,,yaitu bisa berfikir positif sama semua orang,,,sifat ini saya rasa patut untuk dicontoh karna sifat ini yang saya belum pnya,,,

Deden : Ck dua kata bwt ni anak  yaitu : luar biasa!!hal yang patut dicontoh dari dia yaitu kreativitas yang tinggi dan ngomong yang blak2 an walaupun agak menyakitkan kalo kita belum paham karakter dia,,,tapi sy fikir sifat blak2 an perlu spy marah kita tuntas saat itu juga kalo kita lagi sebel am orang,,,salut bwt mu den,,,

Fajri : Satu hal yang pgn aku pelajari dari fajri adalh penguasaan ilmu komputer,,,mulai dr siftware,,,hardware,,,wah semua deh yang berbau2 komputer n dunia pemrograman,,,

Naren : Tmn saya yg satu ini walaupun bawel tapi ada satu sifat yang patut dicontoh adalah dia  mudah bgt deket am oraang dan nyatu am lingkungan,,,trus dia bisa akrab sama orang yang menurut saya kekurangannya g bs diterima,,,nah,,teknik2 seperti ini yang perlu dipelajari,,,,huh,,,

Hilman : Satu hal yang saya pelajari dari hilman adalh Stay cool is important Lah,,,gmn jadi cow yang yang g byk omong….hehehe,,saya akui sebagai salah satu kekurangan,,,,berani mengakui kelebihan orang,,,itu sifat yang susah dipeljari,,,,salut juga deh,,,

Kuti : Hal yang bisa dipeljari dari kuti adalh hal yang paling krusial dalam hal interpersonal relationship,,,mksdnya ketulusan berteman,,,trus keramahan am semua orang,,,jadi kenalnnya byk,,,huhuhu…ajrin donk,,,kut,,,

Nenden : 3 huruf deh bwt nden : T O P,,,hehe(jgn GR gt donk,,,biasa aja)…enak lah pokoknya kalo tmnan am nden,,,,baik,,,narsis (secara Miss Narsis 2008),,pnyabar,,,g gampang marah,,enak bwt diledekin,,,sifat ini yang patut dipelajari dr seorang nden,,,terlepas dari kekurangan dia lah sebagai manusia biasa…

Wina : tmn zr yang satu ini kyknya termasuk orang yang kurang sensitif am lingkungan,,ya akibat positifnya jadi g gampang tersinggung,,ini juga hal yang menarik untuk dipelajari,,o ya satu lagi sifat narsisnya perlu ditandingi nie,,,,huh,,,

Liza : Selera humornya bagus,,,g mudah loh nyari orang yang selera humor nya bagus kyk liza,dan terkadang itu perlu,,hehehe,,trus mw ngebantuin tmn kalo susah,,,

Untuk tmn2 deket zr yang namnya g ditulis jgn mikir yang macem2,,,mgkn emank blm ada yang bs zr peljari dr kalian,,,ada baiknya kita sama2 evaluasi diri,,, krn mungkin kekurangan dr zr nya yang kurang peka membaca karakter temen,,,,

ini juga pendapat dari seorang zr yang g ada apa2 nya,,,,maksih bwt tmn2 yang udah ngasih zr peljaran yang paling berharga walaupun kecil,,,

Satu lagi,,,jgn ngeliat orang dari kemampuan luarnya,,,tapi liat sesuatu yang berharga yang bisa jadi pelengkap bwt kalian smw,,,,

December 1, 2008 Posted by | Uncategorized | 2 Comments

Kesalahan saya minggu ini

Setiap orang perlu dihargai dalam suatu kelompok,dan harus dilibatkan pendapat sekecil apapun mengenai suatu masalah yg penting,,Namun saya dalm minggu ini melupakan hal itu,,

Temen2 perlu tw ya orang pintar itu blm tntu baik bwt jadi temen,,orang yg bs d ajak berteman dan bekerjasama adalah orang2 yang bisa berkomitment terhadap kelompoknya,,,Nah kesalahan saya adalah terlalu percaya kepada orang yang kemampuan nya bisa dikatakan lumayan,,tapi terang saja ia tdk pnya commitment sama sekali terhadap tim,,tapi saya mengabaikan pendapat temen lain yang kemmpuannya justru menurut saya lebih dr orang pertama dan pnya commitment yang kuat,,tapi jarang mengungkapkan ide cemerlang nya untuk suatu hal..Ini bener2 suatu kesalahan,,,Maaf ya temen2 yg tersinggung,,tapi sama sekali zora g bermaksud bwt nyindir siapapun,,,maaf bgt,,,bneran deh,,Kita sama2 harus belajar lebih dewasa karena hanya menurut zora hanya dengan suatu kedewasaan dan kesiapan suatu commitmen dapat dibangun,,apapun bentuknya,,

Silahkan kritik tulisan ini sepedas mungkin,,,maaf,,

Zora,,

July 23, 2008 Posted by | Uncategorized | 1 Comment

Karpet Kotor

Sebuah cerita mengisahkan seorang ibu yang mengadu ke seorang psikolog. Dia menceritakan bahwa pikirannya selalu diganggu dengan persoalan karpet dirumah yang selalu kotor karena anaknya sering bermain dikarpet kesayangannya itu.Dia selalu ingin memarahi anaknya tapi dia masih belum bisa menegur anaknya untuk hal se sepele ini. Kemudian sang psikolog menyuruh ibu itu untuk menutup matanya. tanpa bertanya lagi sang ibu pun mentup mata nya. kemudian psikolog itu menyuruhnya membayangkan seandainya ibu itu mempunyai rumah yang besar dan mewah yang didalamya terdapat barang2 berharga seperti karpet yang bagus dan guci2 yang mahal.Ibu itu pun tersenyum membayangkannya.Kemudian psikolog itu menyuruh ibu itu sekarang membayangkan rumah yang mewah itu tanpa kehadiran anggota keluarga yang lain seperti anak2 yang ia miliki. Rumah itu pun keliatan begitu sepi.Tiba2 senyum ibu itu berubah menjadi wajah yang muram dan sedih.Kemudian psikolog itu menanyakan kepadanya:”Bagaimana apakah anda masih memikirkan tentang karpet kesayangan yang kotor Tadi?”.Kemudian ibu itu pun tersadar bahwa dalam kejadian yang kita anggap negatif dan tidak membuat kita nyaman masih ada hal masih harus kita syukuri.Dalam setiap kehdupan kita sering sekali menemukan hal2 yang tidak sesuai dengan kehidupan kita,dan kita terkadang lupa bahwa di balik kejadian itu masih banyak sesuatu yang bisa kita syukuri.Karena percayalah Allah Maha Tahu yang terbaik untuk kita.

February 29, 2008 Posted by | Uncategorized | Leave a comment

PR Matematika

empat-lilin.pptSebuah cerita mengisahkan : Suatau malam seorang anak ditanya oleh ayahnya:”Apakah kamu sudah mengerjakan PR Matematika?.Jawb anak:”Belum ayah.Lalu sang ayah berkata:”loh,kenapa blm dikerjakan??PR itu kan akan dikumpul besok! Ya sebentar ayah…jawab sang anak.Ayo kerjakan sekarang!!Malam sudah semakin larut”.Anak itu pun dengan terpaksa mengerjakan PR matematika tersebut.Satu dua soal dapat dijawabnya dengan mudah,tetapi setelah disoal ketiga,ia merasa soal itu sulit untuk dikerjakan,padahal sebenarnya soal itu dapat dikerjakannya.”Kenapa berhenti menulisnya kak??tanya sang ayah.Itu kan hanya soal perkalian dan pembagian,masa sudah kelas 3 SD tidak bisa mengerjakan soal seperti itu?!!”. Setelah satu jam akhirnya sepuluh soal matematika itu pun berhasil ia kerjakan. Dengan air mata yang berlinang diapun masuk kekamar dan bersiap untuk tidur. Lalu sang ayah penasaran dan bertanya ke anak itu:”kenapa kakak menangis?”.Ceritakan kepada ayah. begini ayah,waktu ayah menyuruh kakak mengrjakan PR tadi,kakak lagi menghafal 20 hadits,dan besok ada penampilan dari anak2 madrasah dan kakak ditunjuk sebagai ketua regu,masinh2 orang disuruh menghafal 2 buah hadits,tapi karena kakak ketua,jadi kakak harus menghafal semua hadits karenak kalau teman2 salah kakak bisa membetulkan bacaan mereka.”Jelas sang anak.Lalu sang ayah berkata: ” Maafkan ayah yang sok tau ini.

February 25, 2008 Posted by | Uncategorized | 1 Comment